Laman

Ikuti! Langkah Praktis Membuat Obat Herbal Tradisional

Ikuti! Langkah Praktis Membuat Obat Herbal Tradisional


1. PIPISAN (MIPIS)

Cara menyari dengan alat pipisan ini merupakan cara pembuatan obat tradisional khas Indonesia. Cara ini biasanya digunakan untuk bahan baku segar (seperti daun, biji, bunga, rimpang) dan jarang digunakan untuk bahan keras (kayu, klika, dan akar). Bahan yang telah dipilih dan telah dibersihkan kemudian dihaluskan dengan bantuan sedikit air matang dengan alat pipisan.
Cara menghaluskannya mula-mula ditumbuk kemudian digerus. Masa yang sudah halus dan mengandung air diperas melalui kalo (saringan dari anyaman bambu) atau kain kasa, hingga diperoleh 1/4 cangkir jamu. Jika perasan belum mencapai 1/4 cangkir dapat ditambah air matang secukupnya melalui ampasnya kemudian diperas lagi.
Jika diperlukan dapat ditambah garam sedikit, gula aren secukupnya, dan jeruk nipis. Jika tidak memiliki alat pipisan, cara ini dapat dilakukan dengan blender.
 
2. SEDUHAN
Menyari bahan baku dengan cara menyeduh mirip dengan menyeduh teh. Bahan yang sering digunakan antara lain daun, bunga, dan bahan lunak lainnya.
Bahan tersebut dipotong kecil-kecil dengan gunting atau dirajang dengan pisau. Untuk bahan yang keras dapat juga digunakan cara ini, tetapi harus diserbuk terlebih dulu. Cara seduhan ini dapat digunakan untuk takaran tunggal atau takaran sehari. Untuk pemakaian sehari, sisa harus disimpan di tempat tertutup, jika memungkinkan di tempat sejuk (lemari es).
Serbuk yang sudah berjamur, dimakan serangga, atau sudah menggumpal, tidak boleh digunakan.
Cara pembuatan:
Bahan baku yang digunakan dapat berupa bahan baku segar atau bahan yang sudah dikeringkan. Sebelum diramu, bahan-bahan dipotong kecil-kecil atau diserbuk. Bahan tersebut kemudian diramu sesuai dengan formula.
Cara penyiapan:
Ambil ramuan seperti yang tertera pada monografi, kemudian diseduh dengan 1/2 gelas (100 ml) air panas (air yang diangkat setelah mendidih). Diamkan selama lebih kurang beberapa saat hingga suhu air tahan dipegang dengan tangan (tidak terlalu panas lagi), kemudian saring bila perlu. Jika diperlukan pula dapat ditambah garam, madu, gula aren, dan jeruk nipis.

3. INFUSA
Di Farmakope Indonesia Edisi I dikenal infusa dan dekokta, mulai Edisi II hanya dikenal infusa saja. Cara penyarian dengan infusa dapat dilakukan untuk bahan segar ataupun bahan kering. Selain bahan lunak, seperti daun dan bunga, infusa juga dapat dikerjakan untuk bahan keras, seperti akar, ranting, kayu, dan klika.
Bahan lunak dididihkan menggunakan panci infusa selama 15 menit, sedangkan bahan keras dididihkan selama 30 menit.

Cara penyarian dilakukan dengan cara mengambil 10 g ramuan seperti yang tertera pada monografi bersangkutan, serta menambahkan air sebanyak 110 ml – 120 ml dan didihkan selama 15 menit, kemudian saring dengan kain bersih dan peras. Jika diperoleh jamu lebih kurang dari 100 ml, tambahkan air mendidih dengan saringan hingga diperoleh 100 ml.

4. SERBUK
Serbuk umumnya dibuat dari bahan yang telah dikeringkan. Cara membuat serbuk ini ada dua macam, yaitu sebagai berikut.
1. Setiap bahan diserbuk, kemudian dicampur sesuai dengan ramuan yang dikehendaki.
2. Bahan diramu terlebih dahulu, kemudian diserbuk.

Cara (1) biasa kita dapati pada jamu racikan. Bahan berupa serbuk masing-masing dimasukkan dalam toples, jika diperlukan baru diramu.
Cara (2) umum digunakan, baik untuk keperluan rumah tangga maupun industri. Di Indonesia serbuk jamu mempunyai takaran tunggal antara 5 gram sampai 7 gram. 

5. PIL
Pil merupakan upaya kepraktisan obat tradisional sehingga lebih mudah penyimpanannya dan penggunaannya.

Cara pembuatannya:
bahan-bahan setelah diramu kemudian diserbuk sampai halus dan tercampur homogen. Serbuk tersebut kemudian ditanak seperti nasi. Upaya tersebut di samping untuk membuat masa pil yang lengket juga dimaksudkan untuk mensterilkan.
Terjadi masa pil, bahan tersebut dibulatkan dengan alat  atau dibulatkan dengan tangan yang bersih. Berat pil a berkisar antara 150 mg dan 200 mg.
Takaran tunggal antara n 12 pil.
Persiapan pil jarang dijumpai pada obat tradisional Cina. Obat tradisional Cina bentuk boli sering dibalut dengan bola lilin atau bola plastik. bungkusan dengan lilin tersebut bertujuan agar obat tradisional tidak lekas rusak karena kadar air bolus semacam ini agak tinggi. Boli pada umumnya agak lunak, dan dapat separo atau seperempatnya sesuai dengan takaran yang tertulis dalam petunjuk. Beberapa industri obat tradisional Indonesia ada yang membuat produk tersebut, produk tersebut disebut juadah atau majun.

6. KAPSUL
Pembuatan kapsul untuk keperluan sendiri dapat menggunakan serbuk bahan baku. Kapsul obat tradisional untuk dijual, bahan baku yang diisikan harus berupa bahan ramuan yang sudah diekstraksi, tidak boleh menggunakan bahan serbuk.

Cara ekstraksi:
bahan pelarut untuk proses ekstraksi dapat menggunakan air, etanol, atau campuran air dan etanol. Ekstraksi dapat dilakukan dengan cara perendaman (maserasi) atau pendidihan (infundasi).

Cara maserasi:
Bahan ramuan direndam dalam pelarut biasanya campuran etanol air sama banyak, selama satu sampai tiga hari. Hasil maserasi disaring, beningan ditampung dan diuapkan sampai kental. Bahan yang sudah kental ditambah dengan tepung beras, diaduk sampai merata, dan dikeringkan sampai kering. Ekstrak ini sudah siap untuk diisikan ke dalam kapsul.

Cara infundasi:
Bahan ramuan dididihkan dalam air selama 15 menit. Biasanya jumlah air yang diperlukan antara tiga dan lima kali bahan ramuan. Hasil pendidihan kemudian disaring, beningan ditampung dan diuapkan sampai kental. Bahan yang sudah kental ditambah dengan tepung beras dan diaduk sampai homogen. Campuran tersebut kemudian dikeringkan sampai menjadi ekstrak kering.

7. SIRUP

Sirup dapat dibuat dari infusa ramuan yang diperlukan kemudian dilarutkan pada gula atau madu. Larutan gula atau madu selain memberikan rasa manis, juga memberi kalori, dan mempunyai daya untuk mengawetkan jamu.
Cara pembuatan : 500 ml infusa dipanaskan, kemudian ditambah gula atau madu secukupnya (lebih kurang 200 gram) lalu diaduk sampai larut. Setelah larut didinginkan kemudian dituang ke dalam botol yang ukurannya sesuai.

8. PAREM, PILLS, LULUR, DAN MANGIR

Cara pembuatannya seperti membuat jamu dengan cara memipis atau menyerbuk dengan lumpang. Setelah dipipis dapat langsung digunakan karena ramuan tersebut masih mengandung air sehingga dapat melekat pada tubuh.
Untuk ramuan yang dibuat dengan cara membuat serbuk, serbuk tersebut harus dibasahi terlebih dahulu dengan air secukupnya baru dapat digunakan.
Sebenarnya bentuk obat tradisional lebih banyak daripada bentuk obat yang kita kenal sekarang ini karena cara pembuatannya hampir sama. Oleh karena itu, tidak seluruhnya diuraikan dalam buku ini. Beberapa contoh bentuk obat tradisional antara lain cekokan (ontel) untuk anak kecil, kecek obat luar untuk mengobati penyakit kulit, bahan dasarnya menggunakan minyak kelapa, tiap kali digunakan harus dipanaskan.


PENYIAPAN BAHAN RAMUAN UNTUK BATTRA RAMUAN MADIA DAN UTAMA
1. MEMAHAMI PENGERTIAN BAHAN BAKU UNTUK RAMUAN
2. PROSEDUR PEMILIHAN BAHAN YANG BAIK
3. CARA MENIMBANG BAHAN : Mengenal jenis-jenis alat tera/timbangan dan cara penggunaannya
4. CARA MENAKAR, dengan gelas takar/ukur
5. CARA MENGHITUNG PROSENTASE BAHAN
6. TEKNIK DAN CARA PEWADAHAN/PENGEMASAN
7. CARA PENYIMPANAN
8. CARA PENCATATAN/DOKUMENTASI

PENYIAPAN BAHAN BAKU

Setiap bahan baku yang digunakan untuk pembuatan obat tradisional hendaklah memenuhi persyaratan yang berlaku, antara lain :
- Pada saat penerimaan  bahan baku hendaklah dilakukan pemeriksaan secara organoleptik dan laboratories, tujuannya adalah untuk memastikan kebenaran  jenis maupun morfologinya.

- Setiap bahan baku yang diterima hendaklah diberi label/etiket yang memberi informasi mengenai  :
-  nama daerah dan nama latin, 
- tanggal penerimaan dan 
- pemasok

-Semua pemasukan,pengeluaran dan sisa bahan baku hendaklah dicatat dalam kartu atau buku perpersiapan yang meliputi :
- Nama,
- Tanggal penerimaan atau pengeluaran, serta
- Nama dan alamat pemasok. 

-Setiap simplisia sebelum digunakan hendaklah dilakukan sortasi untuk membebaskan dari bahan asing dan kotoran lainnya
- Setiap simplisia sebelum digunakan hendaklah dicuci lebih dahulu agar  terbebas dari:
- Mikroba pathogen,
- Kapang,
- Khamir, serta
- Pencemar lainnya.
- Simplisia yang telah dicuci hendaklah dikeringkan lebih dahulu dengan cara yang tepat sehingga tidak terjadi perubahan mutu dan mencapai kadar air yang dipersyaratkan.
- Simplisia yang sudah bersih serta kering dan bahan baku yang bukan simplisia yang telah lulus dari pemeriksaan mutu, bila tidak langsung digunakan hendaklah disimpan dalam wadah tertutup dan diberi label yang menunjukkan status simplisia dan bahan baku tersebut.

A. Penyiapan bahan ramuan oleh BRP atas instruksi BRM atau BRU

Persiapan

Baca dengan teliti instruksi ramuan yang diberikan oleh BRM atau BRU, sesuaikan dengan rasionalisasi komposisi atau monograf lain pada buku-buku pedoman resmi (MMI, FI, FH, dll).
Catatlah tanggal penerimaan Instruksi Ramuan,
Buatlah salinan Instruksi Ramuan sebagai arsip dan simpan sesuai prosedur

Langkah-langkah :

Ambil/keluarkan bahan ramuan dari rak tempat penyimpanan perpersiapan denganmelebihdahulukan yang paling awal tersimpan.(terapkan prinsip FIFO)
Lakukan inspeksi ulang dengan pengamatan secara organoleptik untuk memastikan bahwa bahan ramuan masih memenuhi persyaratan mutu,
Tetapkan statusnya dengan cara : beri tanda “ok” untuk bahan ramuan yang siap diolah selanjutnya, dan beri tanda “R” untuk bahan ramuan yang rusak/apkir dan harus ditempatkan terpisah /khusus untuk dimusnahkan.

Penimbangan/penakaran

Penyiapan peralatanTimbang 
Peralatan yang akan digunakan untuk menimbang, mengukur, menguji dan mencatat hendaklah diperiksa ketelitian dan kelayakan pakai-nya secara teratur serta ditera menurut suatu program berkala dan prosedur yang tepat.

Mengenal jenis-jenis alat timbang/takar 
Alat timbang/takar yang digunakan untuk pembuatan persiapan obat tradisional yang dilakukan oleh praktisi battra ramuan :
--. Timbangan gram dan milligram
--. Gelas ukur berskala berbagai ukuran

Sebelum dilakukan penimbangan hendaklah dipastikan ketepatan timbangan dan ukuran serta kebenaran bahan yang akan ditimbang.
Untuk setiap penimbangan hendaklah dilakukan  dua kali , untuk tujuan uji silang agar diperoleh kebenaran, ketepatan identitas dan jumlah bahan yang ditimbang

Langkah-langkahnya :
Tempatkan alat timbang pada tempat yang sesuai (rata/tidak miring atau bergelombang)
 takar bahan ramuan dengan cara yang tepat , sesuai instruksi
Catat hasil penakaran (jumlah mg, gram), 
Ulangi sekali lagi .
Temp atkan dalam wadah yang sesuai, pada pembungkusnya beri label/etiket yang menyatakan      informasi mengenai : nama&status, serta jumlah.

Penyerahan bahan ramuan
Sebelum bahan ramuan diserahkan ke BRM atau BRU maka harus dilakukan pencatatan yang meliputi:
--. Tanggal /jam penyerahan
--. Keterangan “Lengkap, tepat sesuai instruksi”(LTSI)

Laksanakan proses selanjutnya  dengan pedoman tata cara yang benar