Laman

Tahukah Anda Kalo sedang Stress!

Pikiran kita adalah kunci kehidupan kita. Pikiran menjadi keyakinan, pikiran dan keyakinan bersama-sama membantu menentukan apakah pesan yang baik dan buruk dikirim dari otak ke seluruh tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh. Apa yang kita pikirkan benar-benar dapat membuat kita menjadi sehat atau sakit.

Apa saja beberapa pesan yang buruk? Kemarahan dan permusuhan menyebabkan produksi sejumlah besar epinefrin (adrenalin) dan zat kimiawi kuat lanilla. Pembuatan dan pelepasan jangka panjang ubstansi-substansi kyat itu dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, penyakit jantung, ulkus dan masalah lanilla. Depresi dan keraguan diri menyebabkan síntesis hormon seperti kortison. Kortison adalah substansi tubuh yang penting dan diperlukan, tetapi jira terlalu banyak ia dapat menimbulkan efek mematikan sistem kekebalkan tubuh, sehingga mendorong timbulnya infeksi dan bahkan kanker.

Pesan yang kita inginkan menyebar ke seluruh tubuh adalah kebahagiaan dan kesehatan. Dan untuk itu kita harus mencari hormon seperti endorfin. Endorfin yang dihasilkan oleh berbagai sel di dalam tubuh, adalah bertanggung jawab untuk mengangkat mood (suasana hati) dan menghambat nyeri tertentu. Diduga bahwa nyeri kronis dan depresi berhubungan dengan kurangnya endorfin di dalam tubuh.

Endorfin tidak semata-mata menghilangkan nyeri dan mengangkat mood. Mereka juga membantu sistem kekebalan tunuh untuk melawan penyakit. Sel system kekebalan tubuh tertentu memiliki reseptor yang memungkinkan mereka berkomunikasi dengan endorphin. Penelitian telah menunjukkan bahwa peninggian kadar endorphin dapat membuat system kekebalan tubuh bekerja lebih efektif. Endorfin meningkatkan aktivitas beberapa sel kekebelan tubuh dan membangtu sel lain mengejar melawan subtansi berbahaya di dalam tubuh.

Kemarahan, permusuhan, kepahitan, depresi, keraguan diri, perasaan tidak berdaya, putus asa, dan sebagainya., adalah bentuk negatiuf dari stress. Hidup terus menerus berubah dan mungkin menimbulkan stress karena semua elemen-elemen tersebut harus terus menerus beradaptasi dengan tuntutan baru yang dibebankan kepada mereka. Sebagian stress diperlukan dengan baik. Bersorak-sorak saat tim favorit mencetak kemenangfan adalah sangat menggembirakan dan penuh stress, tetapi inilah stress yang baik. Stres yang baik sering disebut bumbu kehidupan. Tanpa stress yang baik, kehidupan kita akan menjadi hambar dan membosankan.

Pencari stress adalah orang yang selalu berpacu, meledak-ledak, dan berorientasi pada keberhasilan. Mata mereka terpaku pada jam tangan yang dikenakannya, mereka tergesa-gesa pindah dari satu perjanjian ke perjanjian lainnya, dari satu tugas ke tugas lain dan ingin mengambil lebih banyak tanggung jawab.

Seorang pencari stress, tidak terlalu sulit untuk memicu respon stress. Suatu pikiran yang berisi kemarahan, melirik ke jam , melihat lalulintas jalan bebas hambatan dan proses kebakaran kimiawi dimulai. Zat kimia bermuatan tinggi menyebabkan jantungf berdenyut lebih kuat dan lebih cepat, sehiungga menaikkan tekanan darah dan menaikkan jumlah sel fdarah yang bersirkulasi. Ketegangan dan kekuatan otot meningkat, pupil mata berdilatasi untuk dapat melihat lebih jelas. Gula darah meningkat untuk menyediakn energi lebih banyak.
Kenyataan zat kimia tegangan tinggi yang mengalir di tubuh kita adalah lebih buruk dari sia-sia. Tanpa penyaluran energi, mereka menyerang diri kita, dan mengganggu berbagai bagian system kekebelan tubuh. Jika hal itu terjadi, sikring kita akhirnya akan putus.