Laman

Peluang besar bisnis Pelatihan bagi Calon Tenaga Kesehatan Tradisional

 

Salah satu bisnis  yang cukup menjanjikan dan sangat berprospek memberi keuntungan adalah di bidang Pelatihan bagi calon Pengobat sebagai Tenaga Swasta Kesehatan Tradisional . Karena di Indonesia Pendidikan baik formal maupun non formal , adalah hak semua warga,maka pemerintah membuka kesempatan bagi setiap orang yang akan menggeluti profesi Pengobat , terbuka lebar .dengan dibukanya usaha di bidang Pelatihan bagi Tenaga Swasta Kesehatan Tradisional ini . Dan semakin mendapatkan kepastian dimana belajarnya,karena sudah ada Lembaga Sertifikasi Kompetensinya.Ternyata , meskipun sudah bertitel sarjana saja,bagi pemuda/i yang baru lulus masih belum siap menjalani dunia kerja,maka perlu ikut berbagai pelatihan agar makin banyak pengalaman jika bekerja.

Saat ini dunia wirausaha cukup banyak diminati oleh anak-anak kita yang baru saja lulus sekolah menengah , sebagai jalan keluarnya bagi yang ingin berusaha maka pelatihan manjanjikan jalan keluarnya. Salah satu faktor penting dalam bisnis pendidikan yaitu izin dari Kementerian Pendidikan setempat,karena tanpa izin tersebut bisnis ini tidak mungkin akan ada.Tiap peserta didik harus dipastikan tahu akan izin operasional tempat pendidikan dimana ia belajar.Biaya untuk mendpatkan izin berdirinya Lembaga Kursus tergantung dari Kementerian Pendidikan setempat.Bila pengusaha pintar,maka bisa sekecil mungkin biaya
izin dikeluarkan untuk mengurangi biaya investasi awal.

Para pendidik (pelatih) merupakan faktor menentukan.Minimal ada 2 pelatih yang pasti ada,dan yang lain bisa outsourching.Para pelatih digaji  1 juta untuk awalnya,ditambah transportasi 10.000 perhari. Gaji pelatih akan dibayarkan 13 kali setahun,bahkan bisa diberi bonus atau kado jika memenuhi target.

Perhitungan biaya sewa jika masih awal bisa di rumah sendiri dulu,ditambah dengan fasilitas AC , fasilitas lain. JIka sudah berkembang bisa sewa atau beli rumah.Lokasi tempat usaha sangat menentukan laku tidaknya. Karena kemudahan menjangkau lokasi Pelatihan sangat menentukan Peserta Kursus untuk ikut.

Dalam pemasaran ,investor dapat mendistribusikan brosur ,beriklan di media.Sebaiknya bahasa yang dipakai tidak membual. Bila perlu memakai konsultan komunikasi agar dapat diterima masyarakat secara luas.Biaya peserta kursus perlu dicermati agar tidak terlalu mahal tetapi juga tidak terlalu murah sehingga tidak dapat menutup biaya operasional harian .
Pada umumnya sekitar 3 bulan kursus,biaya 1 juta - 2 juta per peserta , sekali seminggu (12 kali).  Target tiap klas 10 peserta,bisa masuk penerimaan sekitar 10 juta - 20 juta per klas.Paling tidak ada 2 kelas,maka lembaga ini bisa berkembang terus,karena ada biaya operasional tiap bulannya.
Selamat berinvestasi di Bidang Pendidikan.